Latihan Gabungan

SINGKAWANG.
BATAM.
"Tim satu..tim satu..musuh berhasil dilumpuhkan, menara berhasil dikuasai..ganti"

"Diterima tim satu..selanjutnya tim dua bergerak menuju Run Way ..ganti"

Baca Semua"Diterima tim dua"


Penggalan percakapan di atas terjadi saat berlangsungnya Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara Depan (OP3UD) di Bandara Hang Nadim Batam yang "dikuasai musuh" dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2008.

Setelah menunggu 12 tahun, TNI kembali melaksanakan latihan gabungan yang menandai seabad Kebangkitan Nasional dan satu dasawarsa reformasi internal TNI.

Latihan dengan sandi "Yudha Siaga" itu diselenggarakan dalam dua tahap yakni Geladi Pos Komando yang dilaksanakan di Markas Divisi Infanteri I/Kostrad pada 21-28 April dan geladi lapangan yang berlangsung 1-20 Juni 2008.

Geladi lapangan diselenggarakan di empat titik yakni Batam, Natuna, Singakawang (Kalimantan Barat) dan Sanggata (Kalimantan Timur) dengan melibatkan prajurit di lingkungan Mabes TNI sebanyak 2.418 orang, TNI Angkatan Darat 10.388 orang, TNI Angkatan Laut 13.150 orang, dan TNI Angkatan Udara 4.615 orang.

Alutsista yang dikerahkan meliputi 38 tank, 19 panser, sembilan helikopter dan satu pesawat Cassa 212 dari TNI Angkatan Darat.

TNI Angkatan Laut mengerahkan 61 kapal RI, 30 tank amfibi PT-76, 55 panser amfibi/RRF, 12 unit Kapa K-61, tiga unit Tatra, empat roket M-70, enam Howitzer, dua Hovercraft, satu combat boat, tiga Serider, 78 perahu karet, tiga helikopter NBO-105, dan dua helikopter Bell 412.

TNI Angkatan Udara mengerahkan 24 pesawat tempur, 31 pesawat angkut, dan 13 helikopter dari berbagai jenis.

Dalam kegiatan tersebut, diskenariokan negara asing "Sonora" melakukan invasi ke Indonesia melalui beberapa titik di daerah terluar Indonesia. Menyikapi itu, Presiden RI atas persetujuan DPR memutuskan untuk merebut kembali daerah-daerah yang telah berhasil diduduki musuh dengan membentuk Komando Tugas Gabungan (Kogasgab).

Kogasgab lalu melaksanakan serangkaian Operasi Gabungan yakni Operasi Lintas Udara (Linud), Operasi Amfibi, dan Operasi Udara di Natuna serta Operasi Khusus sejumlah pasukan khusus dari ketiga angkatan darat, laut dan udara dilaksanakan di Batam.

Selain itu Kogasgab juga melakukan Operasi Serangan Udara Langsung, dan Operasi Darat Gabungan di Singkawang serta Operasi Serangan Udara, Operasi Laut Gabungan, Operasi Lintas Udara, Operasi Amfibi, Operasi Pendaratan Administrasi dan Operasi Darat Gabungan di Sangatta.

Foto dan Teks: Prasetyo Utomo

Ringkas
Copyright © 2017 ANTARA Foto Hak Siar Dilindungi UU Terms of Use