16 Sep 2014 :: Diperbarui 11 jam lalu

BALADA MOBIL ESEMKA

balada mobil esemka

BALADA MOBIL ESEMKA

Anak-anak sekolah ini kembali menjadi berita, kali ini bukan soal tawuran tapi

karena kemampuannya menciptakan mobil kreasi sendiri. Ceritanya, awal 2012 lalu siswa-siswa dari tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo berhasil meluncurkan mobil kreasi mereka bermerek Kiat Esemka, yang dikerjakan di bengkel Kiat Motor milik Sukiyat.

Mobil tipe Sport Utility Vehicle (SUV) ini bukan cuma hanya model, tapi mobil beneren, bentuk menawan, berkelir hitam berdesain futuristik dan dilengkapi interior mewah dan menjadi terkenal ketika dipakai menjadi mobil dinas oleh Walikota Solo Joko Widodo

Mobil ini menggunakan 80 persen komponen lokal, mesin mobil dibuat sendiri, tidak mengadopsi mesin-mesin mobil lainnya. Blok mesin dibuat perajin pengecoran besi di Batur, Klaten, komponen mesin lain didatangkan dari industri komponen di Cikampek. Untuk urusan pembuatan body dan pengecatan mobil, seluruhnya dibuat di bengkel Kiat Motor, sementara proses perakitan dilakukan di Solo Techno Park. Semua alat yang digunakan serta bahan baku mobil juga telah memenuhi Standar Nasional Indonesia.

Walaupun hingga saat ini mobil Kiat Esemka belum dapat memasuki tahap produksi massal dikarenakan regulasi yang berlaku, antusiasme masyarakat dapat terlihat pada jumlah pemesanan yang sudah mencapai 10.000 unit baik dari kalangan politisi, pengusaha, selebriti, birokrat, dan masyarakat umum.

Belum diketahui juga bagaimana nantinya nasib mobil Kiat Esemka ini ke depannya, mudah-mudahan tidak bernasib sama dengan mobnas-mobnas sebelumnya yang layu sebelum berkembang dan hilang ditelan alam.



Teks dan foto : Akbar Nugroho Gumay dan Andika Betha

16/1/2012 21:10

16292 x dilihat