BERSAMA RAKYAT TNI KUAT

Prajurit Korps Marinir TNI AL mengikuti defile pasukan saat Upacara Perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Komandan Upacara Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi (kiri) melakukan pemeriksaan barisan saat Upacara Perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
Prajurit membersihkan kendaaraan tempur sebelum geladi bersih perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
Pesawat udara CASA NC212 Skuadron Udara 600 Wing Udara-1 dan Skuadron Udara 800 Wing Udara-2 Puspenerbal melakukan flypass (terbang formasi) saat geladi bersih HUT ke-72 TNI di Banten.
Kendaraan tempur RM.70 Grad dan MLRS Vampire Korps Marinir TNI AL saat perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
Pesawat Sukhoi TNI AU melakukan atraksi di udara saat perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
Tank Amfibi LVT-7A1 meluncur ke laut saat demo cavalry water jump di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
KRI Sutedi Senoputra menembakkan roket ketika demonstrasi tempur laut saat perayaan HUT TNI ke-72 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
Kendaraan angkut M113 TNI AD mengikuti defile ketika parade alusista TNI saat perayaan HUT TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
Warga menaiki kendaraan lapis baja milik TNI saat perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
Pesawat udara CASA NC212 Skuadron Udara 600 Wing Udara-1 dan Skuadron Udara 800 Wing Udara-2 Puspenerbal, melakukan flypass (terbang formasi) di atas kapal perang yang melakukan sailing pass pada puncak peringatan HUT ke-72 TNI di Cilegon, Banten.
Kapal Selam KRI Nagapasa-403 mengikuti "sailling pass" saat perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
Pesawat Cessna membawa spanduk bertuliskan Bersama Rakyat TNI Kuat saat perayaan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.
Meski terik matahari terasa sangat menyegat, ratusan warga terlihat gembira saat menaiki kendaran lapis baja milik TNI yang ikut dalam parade defile ketika perayaan HUT ke-72 TNI yang berlangsung di Cilegon, Banten, Kamis (5/10).

Perayaan hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia kali ini mengusung tema "Bersama Rakyat TNI Kuat" yang menggambarkan bahwa TNI tak bisa dipisahkan dari rakyat Indonesia.

Baca SemuaPuncak perayaan yang dilaksanakan di Cilegon itu dihadiri ribuan warga yang ingin menyaksikan parade alat utama sistem pertahanan (alutsista) seperti kendaraan-kendaraan tempur dan angkut milik TNI baik yang di darat, laut maupun di udara.

Selain parade, masyarakat yang hadir secara langsung disajikan keunggulan dan kebolehan kendaraan tempur milik TNI dalam demonstrasi pertempuran laut dan udara di Selat Sunda serta atraksi-atraksi dari pesawat tempur dan angkut yang melakukan manuver di udara.

Sebanyak 30 pesawat yang terdiri dari helikopter, pesawat latih, pesawat Casa serta CN 235-220 Patmar terlibat dalam atraksi 'flypass'.

Dalam kesempatan itu Upacara Perayaan HUT ke-72 TNI dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dengan Komandan Upacara Pangkostrad Letnan Jenderal Edy Rahmayadi.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan alasan menggelar puncak perayaan HUT ke-72 adalah sebagai laporan kepada rakyat dan presiden akan kekuatan alutsista yang dibeli dari uang rakyat melalui parade pertunjukan alutsista.

Di usia yang ke-72 ini, TNI diharapkan tetap menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI dengan menjalankan tugas berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara tanpa terlibat politik praktis serta semakin dekat dengan rakyat sesuai slogan “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Foto dan Teks: Hafidz Mubarak A dan Wahyu Putro A

Ringkas
Copyright © 2017 ANTARA Foto Hak Siar Dilindungi UU Terms of Use