LATIHAN JUPITER AEROBATIC TEAM

Sesi latihan Jupiter Aerobatic Team (JAT) di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta.
Leader Jupiter Aerobatic Team (JAT) Letkol Pnb. HM. Kisha melakukan koordinasi saat latihan di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta.
Leader Jupiter Aerobatic Team (JAT) Letkol Pnb. HM. Kisha (kiri) bersama Navigator Kapten Pnb. Dika Mahendra (kanan) bersiap melakukan latihan di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta.
Anggota TNI AU mengisi jadwal penerbangan Skadik 102 di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta.
Anggota TNI AU melakukan persiapan latihan di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta.
Pilot melakukan koordinasi saat latihan di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta.
Jupiter Aerobatic Team (JAT) saat melakukan latihan di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta
Kapten Pnb Dika Mahendra sebagai navigator leader Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU melakukan latihan di atas langit DI Yogyakarta.
Jupiter Aerobatic Team (JAT) saat melakukan latihan di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta
Foto bersama pilot Jupiter Aerobatic Team (JAT) di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta.
Anggota TNI AU melakukan persiapan saat latihan Jupiter Aerobatic Team (JAT) di Lanud Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta.
Pagi itu, anggota TNI AU yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) bersiap-siap melakukan latihan terbang. Sebelum terbang para pilot melakukan koordinasi di hanggar pesawat, mengatur dan mengevaluasi formasi.

Jupiter Aerobatic Team (JAT) milik TNI AU dibentuk berdasarkan inisiatif dari para instruktur penerbang menggunakan pesawat MK 53 HS Hawk buatan British Aerospace, Inggris.

Baca SemuaNama Jupiter berasal dari sebutan bagi para instruktur penerbang yang mengajar di Lanud Adisutjipto. Tim Aerobatik Jupiter tampil pertama pada HUT TNI tanggal 5 Oktober 1997 dengan menggunakan empat pesawat MK 53 HS Hawk.

Setelah vakum selama beberapa tahun, pada awal tahun 2008 TNI AU mulai merintis kembali tim aerobatik dengan menggunakan pesawat KT 1 Woongbee pabrikan Korea yang memperkuat Skadron Pendidikan 102 Yogyakarta.

Pada tahun 2011 Jupiter Aerobatic Team menggunakan enam pesawat yang berwarna merah putih mengudara dengan manuver yang lebih bervariasi tampil menawan.

Tim Aerobatik Jupiter yang menjadi andalan TNI AU terus melesat tampil di berbagai ajang internasional. Ragam manuver yang diperagakan membuat pesawat terlihat menari dengan lihai di udara.

Gerakan menawan dari tim tersebut merupakan hasil kerja keras para pilot yang terus berlatih meski sudah berpengalaman dengan jam terbang tinggi.

Jupiter Aerobatic Team saat ini dipimpin oleh Letkol Pnb Hermawan Muhamad Kisha yang sekaligus sebagai komandan Skadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto.

Sementara di belakang kehebatan para pilot tim Jupiter terdapat dua sosok instruktur yaitu yang pertama Kolonel Pnb Anang Nurhadi yang memiliki ribuan jam terbang, sedanngkan instruktur kedua yakni Mayor Pnb James 'Octopus'.

Merekalah yang meningkatkan kemampuan dan keterampilan pilot baik secara perorangan maupun tim, agar tetap tampil aman dan memukau di udara hingga dapat membawa nama harum Indonesia ke mancanegara.

Foto dan Teks: Hendra Nurdiyansyah

Ringkas
Copyright © 2017 ANTARA Foto Hak Siar Dilindungi UU Terms of Use