SELAMAT BERJUANG PARA JUARA

Maulana Surya

Indonesia kembali menjadi tuan rumah perhelatan olahraga multi event Internasional. Setelah Asian Games dan Asian Para Games tahun 2018, Indonesia mendapat kepercayaan menggelar ASEAN Para Games usai menggantikan Vietnam yang batal menjamu para atlet difabel se-Asia Tenggara itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan kabar gembira itu dalam keterangan pers selepas rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

"Setelah kami menyampaikan tentang kesiapan dan juga menunjukkan kepada Indonesia sebagai tuan rumah, akhirnya dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden tadi telah diputuskan kita siap bersedia untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games," ucap Menpora.

Petenis meja National Paralympic Committee (NPC) untuk ASEAN Para Games Yayang (kiri) dan Taton (kanan) bermain tenis meja mini bersama warga saat kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di Solo, Jawa Tengah.

Atlet balap kursi roda National Paralympic Committee (NPC) mengikuti Pelatnas ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah.

Begitu keputusan itu disiarkan lewat media massa, segeralah disambut antusias para atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia. Kota Solo bersama Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Semarang terpilih sebagai tempat pertandingan 14 cabang olahraga karena memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung ajang ASEAN Para Games 2022.

Ribuan atlet dan ofisial akan turut merayakan pesta olahraga disabilitas terbesar se-Asia Tenggara pada 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022. Indonesia sendiri mengirimkan 321 atlet untuk berlaga di ASEAN Para Games ini dengan target menjadi juara umum, mengulangi sukses perhelatan sebelumnya di Malaysia. Saat itu Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum dengan meraih 251 medali (126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu). Selain sukses prestasi, pemerintah juga menargetkan Indonesia sukses penyelenggaraan, admninistrasi dan sukses ekonomi.

Sejumlah atlet pun mulai mempersiapkan diri dengan berlatih dan mengikuti program khusus di pelatnas NPC. Para atlet-atlet difabel ini lebih bersemangat menunjukkan prestasi agar mendapatkan kesempatan yang sama dengan para atlet non difabel.

Atlet lempar lembing National Paralympic Committee (NPC) mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah.

Atlet renang National Paralympic Committee (NPC) mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) untuk ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Kolam Renang Intanpari, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bahkan saat puasa, atlet NPC inipun tetap berlatih sesuai dengan porsi yang telah ditetapkan.

"Selama bulan puasa program latihan tetap digelar rutin. Hampir semua cabor latihan mulai sore hingga waktu berbuka puasa. Porsi latihannya menyesuaikan. Tapi tetap terprogram dengan baik," terang Ketua NPC Indonesia Senny Marbun.

Pada ASEAN Para Games 2022 ini mengusung tagline Striving for Equility yang berarti berjuang untuk kesetaraan. Slogan yang juga sebagai semangat dan motivasi untuk berprestasi melampaui keterbatasan yang ada. Karena sejatinya semua setara dalam olahraga.

Sejumlah atlet basket kursi roda National Paralympic Committee (NPC) berpose untuk foto bersama seusai mengikuti Pelatnas di Solo, Jawa Tengah.

Atlet bola voli duduk National Paralympic Committee (NPC) mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Solo, Jawa Tengah.

Selamat berjuang para atlet Indonesia, harumkan nama bangsa dengan prestasimu di ajang ASEAN Para Games 2022. Jadilah para Juara.

Atlet angkat berat National Paralympic Committee (NPC) mengikuti pemusatan latihan (Pelatnas) untuk ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Solo, Jawa Tengah.

Atlet panahan National Paralympic Committee (NPC) Kholidin mengikuti pemusatan latihan Pelatnas di Lapangan BBRSBD Prof Soeharso, Solo, Jawa Tengah.

Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 ketiga (booster) kepada anggota tim National Paralympic Committee (NPC) Indonesia di Rumah Sakit Ortopedi Solo, Jawa Tengah.

Peserta dan warga berfoto dengan relawan berkostum maskot ASEAN Para Games XI 2022 saat peluncuran logo dan maskot tersebut di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah.

Ketua umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun (kiri) menyerahkan api obor kepada atlet para atletik Indonesia Rizal Bagus Saktyono (kanan) saat torch relay atau pawai obor ASEAN Para Games 2022 di Stadion Sriwedari, Solo.

Relawan bersama atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia mengarak bendera Merah Putih saat torch relay atau pawai obor ASEAN Para Games 2022 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

Foto dan teks: Maulana Surya

Editor : Prasetyo Utomo

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing