AJANG SILATURAHMI MILITER INTERNASIONAL

M Risyal Hidayat

Indonesia dan Amerika Serikat untuk ke-16 kalinya menggelar latihan tahunan yang bertajuk Super Garuda Shield 2022. Latihan akbar tersebut berlangsung di tiga tempat, yaitu di lokasi Puslatpur Baturaja, Puslatpur Amborawang dan Puslatpur Marinir di Dabo Singkep. Latihan ini merupakan salah satu latihan multi-nasional gabungan terbesar di Indo-Pasifik.

Dalam Super Garuda Shield 2022 kali ini tidak hnaya diikuti Indonesia dan Amerika Serikat saja. Sejumlah negara ikut bergabung antara lain Australia, Jepang, Singapura, Kanada, Prancis, India, Malaysia, Korea Selatan, Papua Nugini, Timor Leste, dan Inggris bergabung sebagai negara pengamat.

Indonesia menerjunkan sebanyak 3.455 personel, Amerika Serikat 1.337 prajurit, Australia dengan 91 prajurit, Jepang sebanyak 110 prajurit dan Singapura 52 prajurit. Beberapa negara peserta lainnya mengirimkan di bawah sepuluh prajurit yang bertindak sebagai pengamat.

Sejumlah prajurit gabungan TNI AD, Australia Defends Force dan US Army melakukan penyerangan dalam puncak latihan bersama (Latma) Super Garuda Shield 2022.

Seorang prajurit US Army merekam penerjunan dengan ponselnya saat Latihan Bersama Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2022.

TNI juga melibatkan sejumlah alutsista unggulan antara lain Meriam 105 KH 178, Reo, HELI AH-64 Apache, Heli Bell 412, Heli HS 1311, empat kapal perang, Armoured Amphibious Vehicle (LVT-7) serta pesawat Boeing 737 dan F-16.

"SGS 2022 merupakan ajang latihan bersama dengan skala yang cukup besar antara Indonesia dan negara-negara sahabat di kawasan Indo-Pasifik. Tujuan latihan kita adalah pertemanan. Tidak ada yang lain," kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat membuka Super Garuda Shield 2022.

Begitupun dengan ketersediaan alutsista. Menurut Panglima TNI, perbedaan alutsista di setiap negara tidak boleh dijadikan alasan. Terpenting, dengan jumlah dan kualitas alutsista yang berbeda, kerja sama militer antar-negara tetap harus digencarkan.

Sebuah 'Multiple Launch Rocket System (MLRS)' Astros II MK 6 dari TNI AD menembakkan roket saat melakukan latihan penembakan roket dalam 'Live Fire Exercise (LFX)' Super Garuda Shield 2022.

Sejumlah prajurit gabungan TNI AD dan US Army melakukan penyerbuan dalam puncak latihan bersama (Latma) Super Garuda Shield 2022.

Materi latihan terkait kemampuan penguasaan lapangan, menembak, medis, dan penerbangan. Sejumlah prajurit saling bertukar kemampuan dan saling mengisi kekurangan dalam segala aspek meski terkadang terkendala dalam penyampaian bahasa. Mereka melebur dalam suasana kekerabatan, menyingkirkan kecanggungan dan berbaur menjadi satu.

Lencana yang bergambar dari sejumlah negara peserta Super Garuda Shield 2022.

Prajurit TNI AD berjalan bersama dengan seorang prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat usai melakukan penerjunan saat Latihan Bersama Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2022.

Prajurit TNI AD memberikan air minum kepada prajurit Angkatan Darat Jepang usai melakukan penerjunan di Latihan Bersama Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2022.

Prajurit TNI AD dan US Army bertukar lencana bendera negara masing-masing

Sejumlah prajurit gabungan berjoget bersama dalam 'Sports and Culture Day' rangkaian dari latihan bersama Super Garuda Shield 2022.

Sejumlah prajurit bermain bakiak panjang dalam 'Sports and Culture Day' rangkaian dari latihan bersama Super Garuda Shield 2022.

Brevet penerjun yang akan diberikan kepada personel yang mengikuti Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2022.

Sejumlah prajurit TNI AD dan US Army melemparkan topi bersama dalam latihan Super Garuda Shield 2022.

Foto dan teks : M Risyal Hidayat

Editor : Prasetyo Utomo

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing