KETIKA BALITA JADI PEMBALAP SEPEDA

Andika Wahyu

Meski belum banyak dikenal di Indonesia, olahraga sepeda dorong atau push bike ternyata memiliki banyak peminat. Kompetisi Journalist MTB Push Bike Race 2022 yang digelar di Grand ITC Permata Hijau Jakarta akhir November lalu, mampu menggaet 217 peserta dari berbagai kota di Indonesia.

Tak hanya peserta terlatih hasil didikan klub saja, kompetisi yang digelar oleh komunitas Journalist Mountain Bike (JMTB) itu juga diikuti ratusan peserta pemula yang belum lama menjajal push bike.

Para orang tua dari peserta punya beragam alasan mengikutkan buah hatinya dalam kompetisi push bike. Ada sebagian orang tua mengaku ingin menyiapkan putra-putrinya menjadi atlet sepeda profesional di masa mendatang. Sebagian orang tua lain mengaku tak memburu juara, namun hanya ingin mengenalkan anak pada olahraga sepeda. Selain melatih ketangkasan fisik, anak-anak juga belajar sportivitas saat berkompetisi.

Seorang pembalap sepeda cilik bermain saat menunggu start pada ajang Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Orang tua memakaikan helm kepada anaknya sebelum berlomba pada Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Ada lagi beberapa orang tua yang punya alasan sederhana mengikutkan anaknya dalam lomba push bike. Yaitu agar anak tetap aktif bergerak, di tengah kecenderungan penggunaan gawai berlebih. Teknik bermain push bike yang sederhana dan lebih mengandalkan kekuatan kaki dan tangan, bisa dilakukan anak usia dini, bahkan balita usia 2 tahun sekalipun.

Dengan banyaknya peserta balita, maka tak heran, arena lomba push bike kerap diwarnai pemandangan khas anak-anak. Ada yang tertidur pulas jelang race dimulai. Ada yang merengek minta susu botol usai kelelahan berlomba. Ada pula yang menangis dan mogok melanjutkan lomba, karena terjatuh saat berlaga.

Apapun alasan dan tujuan para orang tua itu, rasanya semua setuju bahwa push bike bukan hanya soal uji fisik dan ketangkasan semata. Jatuh bangun di lintasan race juga mengajarkan kegigihan dan keuletan, dua sikap diri yang penting sebagai pondasi membangun kehidupan di masa mendatang.

Sebuah hiasan terpasang pada helm salah satu pembalap sepeda cilik pada ajang Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Sejumlah pembalap sepeda cilik beradu kecepatan saat perlombaan Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Sejumlah pembalap sepeda cilik beradu kecepatan saat perlombaan Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Beberapa pembalap sepeda cilik terjatuh saat perlombaan Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Orang tua menyambut anaknya di garis finis pada perlombaan Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Seorang pembalap cilik melakukan tos dengan para penonton saat melaksanakan putaran kemenangan (victory lap) usai perlombaan Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Seorang pembalap cilik melakukan putaran kemenangan (victory lap) ditemani para pembalap sepeda cilik lainnya usai perlombaan Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Detail deretaan piala perlombaan Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Tiga pembalap sepeda cilik berdiri di podium saat upacara penghargaan pemenang usai perlombaan Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Orang tua menyuapi anaknya yang duduk di dalam kereta dorong usai mengikuti perlombaan Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Orang tua membawa sepeda anaknya usai mengikuti perlombaan Journalist MTB Push Bike Race 2022 di Grand ITC Permata Hijau Jakarta.

Foto dan Teks: Andika Wahyu

Editor : Nyoman Budhiana

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing