MELEPAS DAHAGA KALA LIGA MANDEK

M Risyal Hidayat

Pada awal Januari 2023, PSSI memutuskan menghentikan kompetisi Liga 2 2022. Keputusan itu diambil dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) dengan berbagai pertimbangan.

Salah satunya adalah rekomendasi dari tim transformasi sepak bola Indonesia seusai tragedi Kanjuruhan terkait sarana dan prasarana yang belum memenuhi syarat.

Tentu saja keputusan ini membuat klub Liga 2 mati kutu. Padahal kompetisi sudah memainkan 5-7 pertandingan sejak digelar 28 Agustus 2022 lalu. Awalnya Liga 2 disebut tak akan terimbas Tragedi Kanjuruhan, tetapi akhirnya ikut-ikutan tak bisa dilanjutkan sebagaimana dialami Liga 1.

Penonton menyaksikan final turnamen Bina Jaya Cup XXV/2023 di Lapangan Latus Jaya, Kedaung, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Penonton menyaksikan jadwal turnamen Kades Cup 1 Desa Legok, di lapangan Bonek Arena Tangerang, Banten.

Mandeknya kompetisi Liga 2 berdampak besar pada para pelaku sepak bola mulai pelatih, pemain, hingga official. Beberapa pemain bahkan rela ikut turnamen tarkam untuk sekedar menjaga kebugaran dan menyambung hidup.

Pesepak bola klub Liga 2 FC Bekasi City FC Herman Dzumafo turun ke tarkam mengikuti turnamen FKRW Pegadungan Cup 2022/2023 di Kalideres, Jakarta Barat. Ada juga mantan pemain Timnas Indonesia, Titus Bonai yang direkrut klub lokal pada Kades Cup 1 di Desa Legok, Tangerang.

√íSelama liga berhenti, kita cuma latihan saja namun di sini kita ada sparring yang cukup berimbang. Selain isi waktu ya juga isi dompet√ď, ungkap Herman Dzumafo.

Ofisial dari klub menulis daftar pemain pada babak final turnamen FKRW Pegadungan Cup 2022/2023 di Kalideres, Jakarta Barat.

Pedagang asongan melintas di depan gawang sebelum laga semifinal turnamen Kades Cup 1 di lapangan Bonek Arena Tangerang, Banten.

Nama-nama lain yang tidak asing dalam dunia persepak bolaan di Indonesia seperti Asri Akbar, Valentino Telaubun, Hamka Hamzah, Amarzukih, Egi Melgiansyah, Adixi Lenzivio, Silvio Escobar, M Robby hingga Christian Gonzales mengisi line up dari klub-klub tarkam yang beradu gengsi untuk mengharumkan kampungnya.

Klub tarkam tersebut rela merogoh kocek yang dalam untuk menghadirkan sejumlah pesepak bola dari Liga 2 dan Liga 3 yang sedang dahaga memainkan si kulit bundar.

Kompetisi seperti Kades Cup 1 atau FKRW Pegadungan Cup itu mendapatkan sponsor dari sejumlah kader partai politik yang mencari dukungan dari akar rumput untuk bertarung dalam perebutan kursi panas di parlemen.

Pesepak bola nasional yang bermain untuk klub Diamond FC Amarzukih (duduk kiri) bersiap mengikuti babak final turnamen FKRW Pegadungan Cup 2022/2023 di Kalideres, Jakarta Barat.

Mantan pesepak bola Timnas Indonesia Titus Bonai menelpon sebelum mengikuti laga semifinal Kades Cup 1 di lapangan Bonek Arena Tangerang, Banten.

Para pemain tentunya berharap Liga 2 yang dihentikan itu dapat kembali seperti sediakala, serta menginginkan PSSI dapat membuat sebuah perubahan yang lebih baik untuk sepak bola Indonesia.

Pesepak bola klub Liga 2 FC Bekasi City Herman Dzumafo menerima uang saweran usai mencetak gol alam babak final turnamen FKRW Pegadungan Cup 2022/2023 di Kalideres, Jakarta Barat.

Pesepak bola asal Mali yang membela klub Dennis FC, Seydou Diakite memasukkan uang sawerannya ke dalam kaos kakinya saat mengikuti final turnamen Bina Jaya Cup XXV/2023 di Lapangan Latus Jaya, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Penonton menyaksikan adu tendangan penalti dalam laga semifinal dalam turnamen Kades Cup 1 di lapangan Bonek Arena Tangerang, Banten.

Penonton menyaksikan penjaga gawang yang gagal menghalau bola dalam turnamen Kades Cup 1 di lapangan Bonek Arena Tangerang, Banten.

Manajer dari klub Diamond FC mengangkat trofi turnamen FKRW Pegadungan Cup 2022/2023 di Kalideres, Jakarta Barat.

Foto dan teks : M Risyal Hidayat

Editor : Prasetyo Utomo

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing