TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA DEDIKASI TERBAIK MEMBANGUN NKRI

Anis Efizudin

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan komitmen TNI untuk meningkatkan serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat yang antara lain bertujuan membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan percepatan proses pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat secara merata.

Di wilayah Kodam IV/Diponegoro pelaksanaan TMMD Reguler ke-114 TA 2022 digelar di empat daerah, salah satunya di Desa Ngropoh Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung yang termasuk dalam wilayah Korem 072/Pamungkas dan Kodim 0706 Temanggung.

Pembukaan TMMD bertema TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI dilakukan oleh Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono bersama Bupati Temanggung Al Khadziq, Komandan Kodim 0706 Letkol Inf Denver Micha Harriadhy Napu, Ketua DPRD Yunianto, dan Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi.

Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono (tengah) bersama Forkompimda secara simbolis memulai pembangunan jalan saat membuka TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Personel TNI AD melakukan betonisasi jalan saat TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

TMMD ke-114/2022 berlangsung selama satu bulan mulai 26 Juli hingga 24 Agustus 2022 dengan anggaran Rp1,4 miliar, rinciannya dari Mabes TNI Rp340 juta, APBD Provinsi Jateng Rp190 juta, APBD Kabupaten Temanggung Rp750 juta, swadaya masyarakat Rp 130 juta, dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Temanggung Rp 17 juta.

Sasaran TMMD berupa fisik dan nonfisik. Untuk fisik yaitu betonisasi jalan sepanjang 1.200 meter, dengan kegiatan pendamping rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak empat unit, renovasi Taman Pendidikan Al Quran (TPQ), dan perbaikan pos kamling serta musala. Sedangkan sasaran non fisik meliputi sosialisasi bela negara, wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, pencegahan stunting, masalah kenakalan remaja, undang-undang lalu lintas, dan program keluarga berencana.

TMMD yang melibatkan 150 personel dari satuan tugas Batalyon Infanteri Mekanis 403/WP, Batalyon Armed 3, Zipur 4/TK, dan Kodim 0706/Temanggung tersebut berhasil melaksanakan tugas dengan baik dan tepat waktu.

Personel TNI AD bergotong royong dengan masyarakat melakukan betonisasi jalan saat TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Personel TNI AD bergotong royong dengan masyarakat melakukan betonisasi jalan saat TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat bersama pemerintah pusat serta daerah melalui TMMD menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai persoalan terkini dengan solusi. TMMD juga menjadi program lintas sektoral Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Polri, dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat.

Seorang anggota TNI AD menunjukkan gambar rencana pengerjaan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) saat TMMD ke-114 oleh di Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Seorang prajurit TNI AD menyampaikan materi bela negara kepada warga saat TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Petugas medis melayani peserta KB saat TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Anggota TNI AD mengikuti bakti sosial donor darah saat TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Personel TNI AD menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) saat TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Personel TNI AD bersama warga merenovasi Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) saat TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Tim Pengawasan dan Evaluasi Mabes TNI Angkatan Darat bersama Forkompimda meninjau pelaksanaan TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Santri belajar mengaji di Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) yang telah direnovasi saat giat TMMD ke-114 di Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Warga mengendarai sepeda motor melintasi jalan baru yang telah selesai dibangun saat TMMD ke-114 di Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah.

Foto dan teks : Anis Efizudin

Editor : R Rekotomo

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing