BAMBU PENOPANG KEHIDUPAN

Raisan Al Farisi

Alunan suara gesekan bambu menggema bersama hembusan angin di sekitar kawasan konservasi Udjo Ecoland di Bandung Utara. Kawasan konservasi bambu seluas lima hektare ini didirikan pada tahun 2013 oleh generasi kedua pengelola Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo.

Pada awalnya, wilayah ini hanya berupa hamparan lahan kosong bekas perkebunan. Taufik menunjukkan kesungguhan dalam memanfaatkan lahan tersebut serta menyulapnya menjadi lahan produktif. Bambu yang dibudidaya di kawasan ini mayoritas adalah jenis Gigantochloa atroviolacea atau bambu hitam yang umumnya dipakai sebagai bahan alat musik, furnitur dan perkakas rumah tangga.

Di tahun kesepuluh Udjo Ecoland beroperasi, sudah ada 34 jenis bambu yang berhasil dibudidayakan. Dari sekian varian, bambu hitamlah yang paling cocok dijadikan bahan untuk membuat angklung. Jenis bambu ini mempunyai buku (node) yang panjang hingga 15 meter, daging batang yang tebal, dan warna yang eksotis serta mampu menghasilkan suara yang lebih halus.

Foto udara kawasan konservasi bambu di Udjo Ecoland, Pasir Luhur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Seorang pekerja melakukan perawatan pohon bambu di kawasan konservasi bambu Udjo Ecoland, Pasir Luhur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tak sekadar sebagai bahan baku angklung, Udjo Ecoland juga menjadikan kawasan konservasi ini sebagai proyek penyelamatan lingkungan di kawasan Bandung Utara. Karateristik pohon bambu terbukti efektif menahan erosi di lahan kritis. Selain itu, saat musim panen tiba, bambu tidak akan ditebang sampai habis. Pembudidaya akan membiarkan tunas-tunas bambu baru untuk tumbuh menggantikan yang lama.

Kehadiran hutan bambu di kawasan tersebut juga mampu menghidupkan kembali ekosistem. Bahkan ada tiga sumber mata air yang kembali muncul setelah sekian lama hilang.

Dengan melibatkan warga sekitar dalam mengelola kawasan konservasi bambu, Udjo Ecoland terus berusaha menggalang kekuatan agar kualitas lahan di kawasan Bandung Utara tetap terjaga dan terhindar dari bencana alam.

Pekerja membawa batang bambu usai dipanen di kawasan konservasi bambu di Udjo Ecoland, Pasir Luhur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Peta kawasan konservasi bambu Udjo Ecoland, Pasir Luhur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pekerja menyelesaikan produksi angklung di kawasan konservasi bambu Udjo Ecoland, Pasir Luhur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pekerja membawa angklung di kawasan konservasi bambu Udjo Ecoland, Pasir Luhur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pekerja membersihkan angklung di kawasan konservasi bambu Udjo Ecoland, Pasir Luhur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Rebung atau tunas bambu yang mulai tumbuh di kawasan konservasi bambu di Udjo Ecoland, Pasir Luhur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Potret pemilik Udjo Ecoland, Taufik Hidayat bersama domba peliharaannya di Pasir Luhur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Petugas mengolah sampah organik di Udjo Ecoland, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pertunjukan seni di Saung Angklung Udjo, Padasuka Bandung, Jawa Barat.

Foto dan Teks : Raisan Al Farisi

Editor : Prasetyo Utomo

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing