Pantarlih yang tak kenal pamrih

Iggoy, Bagus K, Irwansyah, Indrianto ES, Makna Z, Oky L, Nova W, Arif F.

Pemilu 2024 tinggal hitungan bulan lagi. Pemutakhiran data pemilih menjadi hal sangat penting dalam tahapan pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah.

Data pemilih yang dilakukan pemutakhiran dalam pemilu 2024 adalah data pemilu terakhir yang telah dimutakhirkan secara berkelanjutan kemudian dicocokkan dan disinkronkan dengan data kependudukan dari Kemendagri dan menjadi Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

DP4 inilah yang kemudian dilakukan pencocokan dan penelitian oleh Pantarlih (petugas pemutakhiran data pemilih) dalam masa coklit selama satu bulan yaitu mulai tanggal 12 Februari 2023 sampai 14 Maret 2023.

Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024 mengikuti pelantikan dan Apel Kesiapan se Kota Palembang di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan.

Anggota Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kota Banda Aceh berdoa bersama saat mengikuti upacara pelantikan dan apel kesiapan di Banda Aceh, Aceh.

Untuk menyukseskan hal tersebut, KPU melakukan rekruitment Pantarlih seluruh Indonesia pada 26-30 Januari 2023. Partarlih tersebut tersebar di seluruh kabupaten, desa hingga ke pelosok nusantara, bahkan hingga luar negeri. Pantarlih sendiri dibentuk dan dilantik oleh Petugas Pemungutan Suara (PPS) atas nama KPU kabupaten/kota.

Tak hanya sekedar mencocokkan data pemilih, para petugas Pantarlih ini juga memberikan pengetahuan kepada warga tentang proses dan tahapan pemilihan umum. Bahkan mereka juga harus menemui bermacam cerita suka dan duka ketika berinteraksi dengan masyarakat.

Setiap Pantarlih Pemilu 2024 akan mendapatkan gaji sebesar Rp 1 juta per bulannya. Sehingga, total dari besaran gaji Pantarlih Pemilu 2024 yang didapat Pantarlih selama dua bulan adalah Rp 2 juta.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) melewati jalan setapak saat melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024 untuk warga yang tinggal di pelosok Kampung Patamuan, Lambung Bukit, Pauh, Sumatera Barat.

Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) menyiapkan berkas untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di Desa Ilie Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh.

Mereka bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab tanpa diskriminasi termasuk melayani warga mendapatkan akses untuk terdaftar dan mengetahui data dirinya sebagai pemilih secara mudah. Petugas ini juga melayani warga untuk memperbaiki data dirinya apabila terdapat kekeliruan atau perubahan elemen  data. 

Para Pantarlih ini memegang prinsip kerja cermat, tertib, efektif, dan akuntabel sehingga meningkatkan dan menghasilkan kualitas daftar pemilih. Mereka mengemban tugas mulia untuk memastikan dan melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya untuk pesta demokrasi 2024.  

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) bersiap melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024 di rumah warga di Jabaru, Pasir Kuda, Kota Bogor, Jabar.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) kepada warga di Flamboyan Bawah, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilu 2024 kepada warga di rumahnya di Bojong Manik, Lebak, Banten.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mendatangi rumah Rais Syuriah PCNU Tegal KH Hambali Usman di Desa Yamansari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mendata warga di Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh.

Aktor Jaja Miharja menunjukkan stiker tanda bukti Pencocokan dan Penelitan (Coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024 di kediamannya, Jalan Pramuka Jati, Paseban, Jakarta.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) menempelkan stiker pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilu 2024 di Bojong Manik, Lebak, Banten.

Foto dan teks : Iggoy, Bagus K, Irwansyah, Indrianto ES, Makna Z, Oky L, Nova W, Arif F.

Editor : Prasetyo Utomo

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing