Penerapan CCUS tingkatkan produksi minyak dan tekan emisi karbon

Budi Candra Setya

Lapangan Pertamina EP Sukowati Field, Bojonegoro, Jawa Timur menjadi tempat ke-2 implementasi teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di wilayah kerja Pertamina setelah sebelumnya melakukan injeksi perdana CO2 di Lapangan Jatibarang. 

Tahapan bersejarah program CCUS Pertamina ini menginjeksikan sebanyak 500 Ton CO2 ke sumur Sukowati-18 (SKW-18) selama tujuh hari. Penerapan teknologi CCUS tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi lapangan melalui penerapan CO2 Enhanced Oil Recovery (EOR).

Pertamina berkolaborasi bersama berbagai mitra strategis untuk pengembangan CCS/CCUS di seluruh Indonesia. Selain di Lapangan Sukowati. Pertamina juga sedang mengembangkan program CCS/CCUS di 7 lokasi lainnya di seluruh Indonesia yaitu di Sumatera Tengah, Sumatera Selatan, Asri Basin, Jatibarang, Gundih, Kalimantan Timur dan Sulawesi Tengah.

Foto aerial lokasi penerapan teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Pertamina EP Sukowati Field, Bojonegoro, Jawa Timur.

Pekerja membuka pintu gerbang area penerapan teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Pertamina EP Sukowati Field, Bojonegoro, Jawa Timur.

SVP Research Technology and Innovation Pertamina Oki Muraza menyebut, hasil kajian injeksi CO2 kedua ini diharapkan dapat diterapkan di lapangan-lapangan Pertamina lainnya yang sedang aktif melakukan kegiatan studi CO2-EOR guna mendukung capaian target 1 juta barel minyak per hari (BOPD) pada tahun 2030.

Direktur Pengembangan & Produksi PT Pertamina Hulu Energi Awang Lazuardi berharap hasil tersebut bisa dievaluasi dan dilanjutkan ke tahap implementasi penuh dengan sumber CO2 dari Jambaran Tiung Biru dan bisa mendorong peningkatan produksi Sukowati.

Sementara, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tutuka Ariadji menyatakan Indonesia memiliki potensi besar di bidang CCUS. Keberhasilan di lapangan Sukowati akan jadi contoh di masa depan dengan kapasitas CO2 yang besar.

Pekerja lintas fungsi membahas teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Pertamina EP Sukowati Field, Bojonegoro, Jawa Timur.

Pekerja lintas fungsi membahas teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Pertamina EP Sukowati Field, Bojonegoro, Jawa Timur.

Implementasi teknologi CCS/CCUS mendorong peningkatan produksi Pertamina dan merealisasikan komitmen sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi yang mendukung dekarbonisasi pada target Net Zero Emission 2060. Hal ini berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s) dan sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis serta operasi Pertamina.

Pekerja lintas fungsi berkoordinasi untuk mewujudkan capaian CCUS di Lapangan Sukowati  dari hasil studi antara Pertamina, Japan Organization for Metals and Energy Security (JOGMEC) dan Japan Petroleum Exploration Company Limited (JAPEX) yang merupakan tindak lanjut dari Joint Study Agreement para pihak yang ditandatangani pada Juli 2023 lalu.

Deputi Eksplorasi Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja  SKK Migas Benny Lubiantara melalui Kepala Kelompok Kerja Perolehan Tahap Lanjut - SKK Migas Arif Bagus Prasetya menyebut, Proyek CO2 H&P di Sumur SKW-18 memiliki prioritas besar di SKK Migas seiring dengan Rencana Jangka Panjang Produksi Minyak 2020-2050.

Peta lokasi penerapan teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Pertamina EP Sukowati Field, Bojonegoro, Jawa Timur.

Lokasi penerapan teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Pertamina EP Sukowati Field, Bojonegoro, Jawa Timur.

 

Pekerja mengecek lokasi penerapan teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Pertamina EP Sukowati Field, Bojonegoro, Jawa Timur.

Sekretaris Jenderal Energi Nasional Djoko Siswanto (ketiga kanan) bersama Direktur Pengembangan dan Produksi PT Pertamina Hulu Energi Awang Lazuardi (ketiga kiri), SVP Research and Technology Innovation Pertamina Oki Muraza (kedua kiri), General Manager Zona 11 Subholding Upstream Pertamina Regional Indonesia Timur Muzwir Wiratama (kiri), Deputy Councilor Hydrogen and CCS Project Department JOGMEC Okabe San (kedua kanan), GM Carbon Neutral Business Departement Overseas Business Division II JAPEX Kenichi Suzuki (kanan) menekan layar pada acara Kick Off Huff and Puff CO2 di lapangan Pertamina EP Sukowati Field, Tuban, Jawa Timur.

Foto dan Teks: Budi Candra Setya

Editor: Andika Wahyu

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing