Magis F1 Powerboat tingkatkan pariwisata super prioritas Danau Toba

Erlangga Bregas Prakoso

Suara bising deru mesin perahu super cepat F1 Powerboat memecah keheningan di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara. Langit yang cerah membuat 17 pembalap dari 10 negara memacu kecepatan untuk  menjadi yang tercepat dalam seri pembuka F1 Powerboat musim 2024.

Pembalap dari Sharjah Team Rusty Wyatt tampil sebagai pemenang, sementara Erik Stark (SWE) dari Victory Team di posisi kedua, dan Jonas Andersson (SWE) dari Team Bình Định-Vietnam di posisi ketiga.

Pada gelaran kedua kalinya tersebut diharapkan dapat lebih mengangkat pariwisata super prioritas di Danau Toba, dimana menurut data PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney pelaksanaan F1 Powerboat 2023 mampu memberikan dampak ekonomi lebih dari Rp 1,68 triliun.

Penari memeriahkan ajang balap Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Sejumlah penari memeriahkan ajang balap Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Perputaran ekonomi terasa hingga ke masyarakat sekitar, dapat dilihat ketika lapak dan rumah warga di pinggiran Danau Toba dijadikan tempat menonton F1 Powerboat karena dampak dari membludaknya antusiasme masyarakat yang ingin menonton balap perahu super cepat itu. Harga yang ditawarkan kepada pengunjungpun bervariatif, ada yang mematok Rp50 ribu per orang termasuk dengan minuman dan makanan, adapula yang tidak menerapkan tarif namun wajib membeli makanan atau minuman di lapak tersebut.

 

Tak hanya itu, F1 Powerboat Danau Toba 2024 berhasil menyedot minat masyarakat karena memadukan kejuaraan olahraga air berskala internasional dengan berbagai pertunjukan lainnya, seperti atraksi aerobatik oleh Tim Jupiter TNI AU.

Sejumlah pesawat KT-1 Wong Bee yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU bermanuver di atas perairan Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Seorang warga menyaksikan kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

 

Penyelenggaraan kegiatan internasional di sejumlah destinasi pariwisata super prioritas (DPSP), termasuk Danau Toba merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk pengembangan ekosistem dan menciptakan pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) di Indonesia sehingga berdampak terhadap perekonomian semakin luas.

 

Sejumlah warga menyaksikan Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Dua pembalap dari tim F1 Atlantic Team Ben Jelf (kiri) dan Duarte Benavente (kanan) memacu kecepatan saat mengikuti balap Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Pembalap dari tim Victory Team Erik Stark memacu kecepatan saat mengikuti balap Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Pembalap dari tim Binh Dinh Vietnam Jonas Andersson memacu kecepatan saat mengikuti balap Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Sejumlah warga menyaksikan kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Pembalap dari tim Sharjah Rusty Wyatt dan sejumlah kru berselebrasi usai menang balap Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Penonton menyaksikan kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.

Foto dan teks : Erlangga Bregas Prakoso

Editor : Wahyu Putro A

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing