PR besar dari bencana banjir Demak

Aji Styawan

Suwardi, warga Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, masih belum lupa suara gemuruh air yang menggerus tanggul Sungai Wulan hingga jebol pada Kamis 8 Februari 2024, menjelang fajar, sekitar pukul 03.30 WIB saat banjir pertama terjadi. Pria 53 tahun itu merupakan satu dari sekian banyak warga yang selama bertahun-tahun tinggal di wilayah sisi kiri tanggul Sungai Wulan.     

Tanah yang terendam banjir pada awal Februari itu belum sepenuhnya kering, namun petaka kembali melanda. Kejadian itu bermula dari hujan ekstrem yang turun di sebagian besar wilayah Jateng pada bulan Maret 2024 pekan pertama bulan Ramadhan, tepatnya Rabu (13/3) hingga Sabtu (15/3) akibat adanya tiga bibit siklon tropis dan sejumlah fenomena anomali iklim. Tingginya debit air membuat enam tanggul sungai jebol dan debit air beberapa sungai meluap. Kala itu, Sungai Wulan yang berdaya tampung sekitar 800 meter kubik per detik harus menampung air hingga 1.300 meter kubik per detik hingga membuat tanggul kembali jebol di titik yang sama, serta adanya sejumlah titik tanggul jebol dan limpasan air sungai dari daerah aliran sungai (DAS) Jragung-Tuntang (Jratun).     

Untuk kedua kalinya, tragedi banjir merendam ribuan rumah warga dengan ketinggian 1,5 meter hingga sekitar 2,5 meter. Petaka itu pun kembali memutus jalan nasional pantura Demak-Kudus. Jalur alternatif menuju Kudus melewati wilayah Welahan, Jepara macet total hingga 30 kilometer. Atas petaka susulan itu, Pemerintah Kabupaten Demak kembali menetapkan status Tanggap Darurat dan manjadi daerah pertama di Indonesia yang menetapkan status tersebut hingga tiga kali untuk bencana alam banjir dalam kurun waktu kurang dari 1,5 bulan.     

Foto udara salah satu tanggul daerah aliran sungai (DAS) Jratun jebol di Dukuh Luwuk, Desa Sidomulyo, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Warga menembus banjir yang merendam kawasan Alun-alun Demak di depan Masjid Agung Demak.

Bupati Demak Esti'anah menyampaikan, banjir kedua yang terjadi menenggelamkan 13 kecamatan dari total 14 kecamatan yang ada di wilayahnya. Alun-alun Kota Demak lumpuh, air pun hampir masuk sampai ke halaman Masjid Agung Demak. Sejumlah pompa air  dikerahkan untuk melindungi salah satu simbol Kota Wali itu agar terhindar dari rendaman banjir. Kompleks peristirahatan Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu Wali Songo (Sembilan Wali) penyebar agama Islam yang tersohor pun tak luput dari air bah. Kota Wali benar-benar terkepung banjir. Kondisi ini seolah memutar masa ke abad 16, saat Kerajaan Demak menjadi kerajaan maritim Islam pertama yang ditakuti di Nusantara.     

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Demak, bekerja sama dengan berbagai instansi, seperti TNI-Polri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas, Kementerian Sosial, Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari berbagai wilayah di Jateng, potensi SAR gabungan, hingga sukarelawan dari sejumlah organisasi kemanusiaan dan kesehatan. Ribuan personel dikerahkan untuk menolong dan mengevakuasi korban bencana banjir. Sejumlah titik pengungsian beserta dapur umum didirikan sebagai bentuk upaya penanganan darurat.   

Tak hanya pemerintah daerah, pada banjir pertama, BNPB yang merupakan representasi dari pemerintah pusat juga turut menurunkan dana siap pakai (DSP) untuk operasional penanganan banjir sebesar Rp 2,15 miliar. Ribuan paket logistik untuk pengungsi maupun perlengkapan lapangan penanganan bencana banjir juga disalurkan. Tidak berhenti di situ, BNPB berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan instansi terkait juga melaksanakan teknologi modifikasi cuaca (TMC) pada bulan Februari dan Maret. Upaya itu untuk mengurangi intensitas hujan tinggi di wilayah hulu, sehingga perbaikan tanggul jebol yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat berjalan lebih cepat. Selain itu, puluhan unit pompa bergerak (Mobile Pump) milik berbagai instansi terkait dioperasikan untuk mempercepat pengurangan genangan.     

Warga korban banjir beristirahat di pinggir jalan utama pantura Demak-Kudus di Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Foto udara kondisi jalur pantura Demak-Kudus terendam banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Menurut data akumulasi Posko Terpadu Penanganan Darurat Bencana Banjir Kabupaten Demak sejak 5-15 Februari 2024, banjir pada bulan Februari menyebabkan sebanyak 29.701 jiwa mengungsi. Dua nyawa turut terenggut dalam bencana hidrometeorologi itu. Peristiwa itu juga merendam 3.427 hektare lahan persawahan dan 1.975 hektare tanaman padi di wilayah setempat puso atau gagal panen. Sedangkan banjir kedua pada bulan Maret, data sementara BPBD Demak akumulasi 20-24 Maret 2024 menyebabkan sebanyak 24.991 warga yang tersebar di 126 desa di 13 kecamatan mengungsi, dan 9.442 hektare sawah terendam banjir. Potensi kerugian dari kedua tragedi tersebut diperkirakan mencapai ratusan miliar rupiah, yang saat ini masih dalam tahap penghitungan BPBD Demak.     

Kabupaten Demak yang terletak di wilayah pesisir pantura Jateng merupakan salah satu daerah rawan banjir. Selain banjir rob akibat limpasan air laut ke daratan karena adanya penurunan muka tanah (land subsidence) disertai kenaikan air laut (sea level rise) sebagai dampak dari krisis iklim, wilayah setempat juga dilintasi sejumlah sungai besar yang mana sebagian besar tanggulnya dalam keadaan kritis atau rawan jebol. 

Data yang dihimpun Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB menyebut, sejak 1998 hingga 2023, terdapat 89 kejadian banjir di Kabupaten Demak. Dari jumlah tersebut, enam di antaranya merupakan banjir rob besar yang tercatat dan sisanya akibat intensitas curah hujan tinggi, serta adanya sejumlah titik tanggul jebol. Dari puluhan kejadian banjir itu, total korban jiwa ada sebanyak 5 orang, total warga terdampak sebanyak 450.942 jiwa, serta total warga yang mengungsi sebanyak 34.658 jiwa.     

Foto udara suasana posko darurat banjir Demak yang berada di Jembatan Tanggulangin perbatasan Demak-Kudus di Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Peziarah asal Jawa Timur mengakses gawai pintarnya saat berkunjung di kawasan Cagar Budaya Situs Kompleks Makam Sunan Kalijaga yang terendam banjir di Demak.

Belajar dari dua pengalaman tersebut, ancaman banjir belum berakhir. Banjir masih mengintai wilayah Demak dan sekitarnya karena masih ada tanggul-tanggul sungai yang kritis bersamaan dengan menurunnya daya tampung sungai akibat pendangkalan. Presiden Joko Widodo saat meninjau penanganan banjir di Demak pada Jumat (22/3) lalu, memberikan arahan kepada pemangku kepentingan tentang program penanganan jangka panjang untuk mencegah banjir di Demak, yakni penanganan sedimentasi sejumlah sungai dan waduk dari hulu ke hilir, penanaman pohon, dan pencegahan alih fungsi lahan hijau.     

Pemkab Demak bersama BPBD Demak, BPBD Jateng, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana di bawah Ditjen Sumber Daya Air - Kementerian PUPR tengah melakukan kajian pasca-banjir untuk memperkuat sejumlah tanggul-tanggul sungai yang kritis agar banjir, yang menurut warga menjadi tragedi banjir terbesar dalam kehidupan mereka, setidaknya dalam 50 tahun terakhir itu tidak lagi terulang.

Relawan mengevakuasi warga lanjut usia yang rumahnya terendam banjir di Desa Undaan Kidul, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Relawan bergotong royong memindahkan perahu bermotor untuk mengevakuasi warga korban banjir dari posko darurat banjir Demak di Kecamatan Karanganyar.

Warga terdampak banjir M Ribut (kanan) istri Fathonah (kiri) berpose di sela-sela pembersihan rumah seusai banjir di Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Suasana ruangan kelas terdampak banjir yang mencapai ketinggian sekitar 2,5 meter di TK Marsudi Rini, Desa Karanganyar.

Foto kolase sejumlah harta benda milik warga dijemur seusai terendam banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Sejumlah pengungsi korban banjir menunggu waktu berbuka puasa di sekitar truk yang difungsikan sebagai lokasi pengungsian darurat di SPBU Wonoketingal, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Seorang pengungsi menerima bantuan paket sembako dari Presiden Joko Widodo saat meninjau korban banjir Demak di Gedung Wisma Halim, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Foto aerial petugas mengoperasikan sejumlah alat berat dalam upaya menutup tanggul Sungai Wulan yang kembali jebol di titik yang sama di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar.

Warga menyaksikan sejumlah pompa air bergerak (Mobile Pump) beroperasi di jalur utama pantura Demak-Kudus, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Sejumlah pengungsi korban banjir beristirahat di tenda darurat Kementerian Sosial yang dipusatkan di SPBU Wonoketingal, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Foto dan teks : Aji Styawan

Editor : Fanny Octavianus

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing