Menjaga sumber pangan dan hutan ala suku Dayak Pitap

Aji Styawan

Desa Kambiyain di Pegunungan Meratus, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan memiliki keindahan dan kekayaan alam yang melimpah. Desa yang letaknya sekitar 179 kilometer dari Kota Banjarbaru, Ibu Kota Kalimantan Selatan itu merupakan satu dari lima desa yang menjadi tempat bermukim masyarakat suku Dayak Pitap. Bersama dengan empat desa lain, yakni Desa Ajung, Desa Mayanau, Desa Langkap, dan Desa Dayak Pitap, komunitas tersebut memiliki wilayah adat seluas 22.806 hektare. 

Beberapa kilometer sebelum memasuki wilayah pedalaman desa itu, orang akan terpukau dengan keindahan pemandangan aliran anak Sungai Pitap hingga rimbunnya hutan hujan tropis dengan iringan kicauan berbagai jenis burung, termasuk burung Kacamata Meratus (Zosterops meratusensis) yang terbang bebas di udara sejuk dan bersih dari polusi.

Kelima desa itu juga kaya akan hasil pertanian. Umumnya, mereka menanam padi, ubu-ubian, dan kacang-kacangan, beragam jenis sayuran, seperti cabai, tomat, terung, jengkol, hingga petai. Selain itu mereka juga menanam pohon buah-buahan, seperti duku, pisang, cempedak, dan buah lai.

Foto udara lanskap permukiman suku Dayak Pitap yang dikelilingi perkebunan, ladang, serta hutan adat di kawasan pegunungan Meratus.

Warga suku Dayak Pitap, Lisa merawat tanaman padi di ladang milik keluarganya di Desa Kambiyain.

Di samping bercocok tanam, masyarakat setempat juga mencari hasil hutan seperti kemiri, karet, pinang, damar, rotan, madu, maupun gaharu.

Salah satu keistimewaan masyarakat Dayak Pitap yaitu setiap keluarga memiliki lumbung gabah dengan berbagai kapasitas penyimpanan dari 3 ton hingga 5 ton. Lumbung itu dapat menampung gabah hasil panen dari sawah mereka yang dijadikan stok pangan hingga sekitar tiga tahun. 

Mereka sejak dahulu tetap mematuhi pesan leluhur untuk tidak memperjualbelikan bibit padi maupun gabah hasil panen tersebut karena hal itu dipercaya bakal mendatangkan petaka kepada mereka sendiri maupun pihak yang membelinya. Jika ada yang membutuhkan, mereka akan saling berbagi dengan sejumlah syarat ritual adat. 

Warga Dayak Pitap membawa parang untuk berladang dan berkebun di Desa Ajung.

Kepala Desa Kambiyain Anang Suriani memanen buah duku di kebun milik keluarganya.

Menurut Kepala Desa Kambiyain Anang Suriani (39) masyarakat Dayak Pitap tidak pernah terpengaruh dengan fluktuasi harga maupun pasokan beras dari luar, seperti yang sering terjadi di daerah lain di Indonesia. 

"Berbagai jenis pangan telah tersedia dari alam di wilayah hutan adat kami, buat kami, bertani dan membuka ladang secara tradisional adalah bagian dari ritual kepercayaan adat serta menjaga hutan adat beserta isinya adalah sebuah kewajiban, bagian dari kehidupan yang diwariskan turun temurun dari leluhur kami," katanya.

Namun belakangan ini, masyarakat Dayak Pitap khawatir kekayaan alam di wilayahnya terancam. Berbagai ancaman mulai dari dibukanya usaha pertambangan hingga perkebunan kelapa sawit membuat hidup mereka tak tenang. Tambang batu bara terdekat dari wilayah itu berjarak sekitar 15 kilometer.

Foto kolase sejumlah hasil bumi, buah duku (kiri atas), buah lai (kanan atas), buah pisang (kiri bawah), dan kacang tanah (kanan Bawah) di Desa Kambiyain.

Warga suku Dayak Pitap berkumpul dengan keluarganya di Desa Kambiyain.

Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut, pada periode 2010-2022, terjadi penurunan luasan lahan di Kalimatan Selatan. Luas hutan primer misalnya, turun sebesar 13.000 hektare, luasan hutan sekunder turun sekitar 116.000 hektare, luasan sawah dan semak belukar masing-masing turun sekitar 146.000 hektare dan 47.000 hektare. Sebaliknya, area perkebunan meluas cukup signifikan yakni 219.000 hektare.

"Kita seharusnya menyadari untuk menjaga bersama bentang alam Pegunungan Meratus dari alih fungsi lahan yang merusak, semuanya harus diperketat demi alam ini, bumi ini, untuk anak cucu kita nanti," kata Anang. 

 

Kepala Desa Kambiyain Anang Suriani (kanan) berpose bersama putrinya Mawar Citra Lastary sebelum berangkat ke kebun di Desa Kambiyain.

Warga suku Dayak Pitap, Rabadi memeriksa lumbung gabah dalam rumahnya di Desa Kambiyain.

Warga suku Dayak Pitap, Rabadi menunjukkan gabah yang tersimpan di lumbung dalam rumahnya di Desa Kambiyain.

sejumah warga Dayak Pitap saat berkumpul mendengarkan kisah alih fungsi lahan yang terjadi di Kalimantan Selatan.

Foto udara salah satu tambang batu bara dengan latar belakang Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan.

Seorang anak dari suku Dayak Pitap merawat seekor anak Lutung Kelabu (Trachypithecus cristatus) yang terpisah dari induknya di pedalaman Pegunungan Meratus.

Teks & Foto: Aji Styawan

Editor : Nyoman Budhiana

Licence

Choose the license that suits your needs
$ 200
Photo Story Regular
Editorial and Online, 1 domain
$ 500
Photo Story Exhibition & Publishing
Photo Exhibition & Publishing